Dalam katuranggan ayam bangkok terdapat suatu pemahaman soal jenis ayam bangkok. Bisa disimpulkan jika katuranggan sama halnya seperti ras dalam ayam bangkok. Jika kita berbicara soal ayam aduan, kebanyakan dari kita barangkali cuma familiar yang dengannya jenis ayam bangkok saja. Padahal, selama ini sebetulnya ada banyak jenis ayam aduan yang punya sifat tarung serta kemampuan fisik lebih baik dari ayam bangkok.

Ayam bangkok berbeda yang dengannya ayam hias, ayam petelur, serta ayam pedaging. Ayam aduan Perlu mempunyai fisik serta sifat tarung yang menunjang kemampuannya dalam beradu. Yang kita ambil dari beternak ayam bangkok bukanlah telur, daging ataupun kecantikannya, melainkan keberingasan serta kemenangannya di medan laga. Dengan mengetahui hal ini tentu membuat anda makin fokus dalam melatih ayam sabung menjadi lebih superior diatas arena sabung ayam.

Ada beberapa jenis ayam bangkok yng selama ini sudah tersebar ke seluruh dunia, salah satunya ke Indonesia. Jenis-jenis ayam bangkok yang telah di sebutkan antara lain Ayam Wiring, Ayam Hitam atau Taduang, Ayam Bangkeh, Ayam Kanso Atau Kelabu, dan Ayam Kinantan Atau Putih serta Ayam Kuriak atau Jali.

Ayam Wiring Dengan Kemampuan Terbaik

Berikut adalah jenis ayam bangkok berdasarkan katuranggan antara lain :

1. Ayam Wiring

Ayam wiring adalah jenis ayam bangkok dengan warna bulu hitam dengan rawis kuning kemerahan pada bagian ekor dan lehernya. Ayam wiring dibedakan menjadi 2 jenis yaitu ayam wiring kuning dan ayam wiring galih. Ayam wiring kuning adalah ayam wiring dengan ayam dengan warna dominan rawis kuning keemasan serta mempunyai paruh dan kaki yang juga berwarna kuning. Ayam wiring galih adalah ayam dengan rawis yang warnanya cenderuh merah-merah tuah kecoklatan. Perlu diketahui bahwa ayam wiring merupakan ayam kelas satu dalam katuranggan ayam bangkok. Oleh karena itu, sering kita jumpai ayam dengan bulu wiring akan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

2. Ayam Hitam atau Taduang

Setelah ayam wiring, jenis ayam bangkok selanjutnya adalah ayam hitam atau ayam taduang. Ayam ini mempunyai karakteristik bulu dan rawis serta paruh, mata, dan kakinya berwarna hitam. Ayam hitam sering dipercaya mempunyai tuah. Kesaktian dalam bertarung pada ayam hitam bisa muncul tanpa diduga duga. Akan tetapi tidak semua ayam hitam (taduang) memiliki sifat yang demikian. Semuanya tergantung pada pulung si pemiliknya.

3. Ayam Bangkeh

Ayam bangkeh adalah jenis ayam bangkok dengan bulu kuning kemerahan baik pada rawis maupun pada bulu utamanya. Dalam katuranggan, ayam bangkeh dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu ayam bangkeh api dan ayam bangkeh emas. Ayam bangkeh api adalah ayam bangkeh dengan warna bulu kuning gelap kemerahan, sedangkan ayam bangkeh emas adalah ayam bangkeh dengan warna bulu kuning keemasan.

4. Ayam Kanso Atau Kelabu

Selanjutnya adalah ayam Kanso atau ayam kelabu. Jenis ayam bangkok ini memiliki bulu dengan warna dasar abu-abu. Dibedakan menjadi 2 jenis juga, yaitu ayam kanso monyet dan ayam kanso api. Ayam kanso monyet adalah ayam dengan rawis abu-abu kehitaman (gelap), sedangkan ayam kanso api adalah ayam kanso dengan rawis berwarna kuning kemerah-merahan.

5. Ayam Kuriak atau Jali

Ayam kuriak adalah jenis ayam bangkok dengan warna bulu campuran. Artinya bulu ayam ini bisa merupakan perpaduan dari berbagai warna, misalnya hitam, putih, atau warna-warna lainnya. Adapun dalam dunia ayam adu, ayam kuriak sangat jarang ditemui. Oleh karena kelangkaannya, ayam ini juga sering dijual dengan harga mahal.

Demikian artikel singkat kami mengenai "Jenis Ayam Bangkok Berdasarkan Katuranggan". Jika anda sudah yakin untuk bermain sabung ayam online pastikan anda memilih agen sabung ayam online terbaik dan terpercaya serta siap membayar berapapun kemenangan yang anda peroleh. Salam Sabung Mania untuk para pecinta sabung ayam online.